Rabu, Desember 11, 2013

New Comer ( V )

Ini adalah sambungan cerita dari posting saya tentang novel Size 12 Is Not Fat Either disini. Saya waktu itu beli 2 novel. Saya baru sadar di perjalanan pulang bahwa yang saya beli itu dua-duanya karya Sensei Meg Cabot. Nggak masalah sih, saya memang penggemar karya-karya beliau.

Selain novel seri ketiga Heather Wells itu, saya membeli novel lanjutan Abandon ( baca disini ). Saat membeli novel pertama dulu itu, saya kurang memperhatikan bahwa ternyata novel ini berseri. Saya sering cerita tentang keengganan saya membeli novel-novel seperti itu. Bukan masalah uang, tapi saya takut mati penasaran karena tidak bisa menemukan seri selanjutnya. Jadi, saya sudah pasrah begitu tahu bahwa Abandon novel berseri.

Dan ajaibnya, saya menemukan buku seri lanjutannya. Banyak pula. Hampir otomatis dan histeris saya langsung menarik bukunya dari rak tanpa berpikir. Judulnya seri kedua ini Underworld.

Ngomong-ngomong, saya baru tahu kalo cerita singkat di belakang buku itu namanya bukan sinopsis, tapi Blurbs. Jadi, ini cover depan dan blurbsnya Underworld :

Source : Here

Pierce Oliviera dibawa oleh John Hayden ke alam yang temaram, tempat jiwa-jiwa yang berpulang menunggu sebelum bertolak mengarungi perjalanan akhir mereka : Underworld.

John mengatakan itu demi melindungi Pierce dari kaum Fury yang bertekad membalas dendam pada cowok itu. Tetapi mungkin John punya rencana lain.

Dan meski menyadari dirinya mungkin aman di Underworld, Pierce tahu orang-orang yang dikasihinya di luar sana terancam bahaya. Bisakah Pierce meyakinkan John untuk melepaskannya demi menyelamatkan seorang anggota keluarganya ? Dan apakah harga yang diminta John ternyata terlalu tinggi bagi Pierce ?

Intinya cerita novel ini adalah remake dari Mitologi Yunani dewa kematian Hades dan istrinya Persephone. Menurut Mitologi, Hades yang penguasa dunia bawah ( dunia orang mati ) menculik gadis yang dicintainya, Persephone, dari dunia atas. Di dunia bawah itulah, Persephone memakan buah delima yang membuatnya menjadi penghuni dunia itu selama-lamanya tanpa bisa kembali lagi ke duni atas. Ibu Persephone, Demeter, yang juga kebetulan adalah dewi pertanian dan kesuburan menolak untuk menumbuhkan tanaman-tanaman di atas bumi hingga putrinya dibebaskan. Akhirnya Hades setuju untuk mengizinkan Persephone kembali ke dunia atas selama 6 bulan dalam setiap tahun. 

Kalo dalam cerita Abandon versi Meg Cabot itu, Hades ditokohkan sebagai John Hayden, cowok yang seharusnya mati dua abad lalu di sebuah kapal. Ternyata, karena dosa yang diperbuatnya, dia malah bangun sebagai dewa kematian.

Kemudian Persephone adalah Pierce Oliviera. Gadis kaya raya yang pada suatu hari tewas karena tergelincir di kolam renang rumahnya dalam suhu udara dibawah nol saat mencoba menyelamatkan seekor burung yang tak sengaja tenggelam dalam kolam itu. Pierce bangun  dan mendapati dirinya di sebuah dunia gelap yang dihuni oleh dua barisan panjang manusia di depan dua buah kapal. Itu adalah Underworld. Apa ya istilahnya kalau di kebudayaan kita ? Pokoknya dunia setelah mati begitulah. Akhirat, mungkin. Karena dua kapal itu akan membawa penumpangnya ke dua tujuan berbeda. Satu ke tempat yang kita sebut surga dan satu lagi menuju tempat yang kita sebut neraka. 

Source : Pinterest

Singkat cerita, di buku Abandon diceritakan bahwa saat John Hayden melihat Pierce di barisan orang mati ( yang menuju ke surga ), ia membawa Pierce ke istananya untuk dijadikan permaisurinya. John ini sudah jatuh cinta pada Pierce sejak cewek itu berusia 2 tahun, ketika itu John bertemu Pierce di pemakaman kakeknya. Pierce sangat mencintai binatang, sehingga ia menangis saat menemukan burung yang terluka. John menyembuhkan burung itu. 

Tentu saja Pierce yang sudah berusia 17 tahun sekarang tak mau tinggal di tempat sesuram istana dewa kematian. Ia menyiram teh panas ke wajah John dan melarikan diri lewat sebuah gerbang tak terkunci. Tahu-tahu, ia sadar dan mendapati dirinya berhadapan dengan wajah ibunya dan paramedis. Ia meninggal selama 10 menit. Dan menurut dokter, ia selamat karena sebelum meninggal ia membeku terkena hipotermia sehingga mereka bisa mengejutkan kembali jantungnya. Tentu saja Pierce tak percaya, ia sudah mengalami sendiri bagaimana kematian itu.

Sejak itu, hidup Pierce selalu dikuntit oleh John, yang selalu datang di saat ia mengalami kesulitan atau hal yang membahayakan.

Peran antagonis di novel ini adalah kaum Fury. Kaum Fury adalah jiwa-jiwa penghuni neraka yang tak puas dengan tempat mereka. Mereka selalu berusaha menyakiti dan mencelakai John sebagai orang yang bertugas menempatkan mereka. Salah satu caranya adalah dengan membuat John jatuh cinta lalu mereka dapat menyiksa dan membunuh wanita itu sehingga John menderita. Karena itulah John selalu menguntit Pierce untuk menjaganya dari kaum Fury yang dapat merasuki manusia.

Di novel Underworld, menceritakan tentang kehidupan Pierce di dunia orang mati itu. Termasuk tentang Pierce yang mencoba menyelamatkan sepupunya dari incaran kaum Fury yang tak dapat menangkapnya. Diceritakan juga tentang masa lalu John Hayden, juga teman-temannya. Saya belum bisa cerita lebih banyak sih, soalnya saya baru baca setengah. Hehehe.

Sejujurnya, meski inti ceritanya tak terlalu rumit, menurut saya gaya penceritannya yang membuat kita gak mengerutkan kening. Well, setidaknya saya. Novel terjemahan memang kebanyakan seperti itu, sih. Tapi, yang saya suka dari Meg Cabot ini adalah ciri khas menulisnya yang kuat dari sudut pandang orang pertama. 

Dan ternyata, cerita ini belum habis di buku kedua ini. Soalnya barusan saya lihat cerita di lembar-lembar terakhirnya, masih menggantung. Duh, mudah-mudahan toko buku langganan saya itu update terus deh buku-bukunya.

Source : Pinterest

# Banyak Anime. Proposal penelitian, apa kabar, ya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This is virtual world. Tapi, inilah tempat yang justru membuat diri kita bisa sejenak melepaskan topeng-topeng dan jubah kepalsuan di dunia nyata. So, this is the real me, yang tak pernah ku tunjukkan kepada kenyataanku. Mari saling berbagi dan bercerita tentang hidup. Feel free to leave your comment. I am not too creative to reply the comments. So, sometimes i don't reply it. But, Please believe that i definitely read your single comment and really appreciate it.