Minggu, September 08, 2013

Artificial Love

Banyak orang menempatkan cinta terhadap lawan jenisnya dalam derajat yang berbeda dalam dirinya. Ada yang benar-benar meninggikannya, ada juga yang menganggapnya biasa saja. Aku termasuk orang yang terakhir itu.

Kemarin teman kampusku [ sebut saja namanya Rk ] sempet marahan sama pacar jarak jauhnya. Ceritanya, kemarin pagi kami ada kelas khusus sosialisasi pengajuan judul proposal skripsi yang diikuti sama teman-teman akuntansi seangkatan 2010. Mulainya jam 10.00 WITA s/d kira-kira jam 11.30 WITA. Begitu selesai aku ngajak Rk ke ruang sekretariat lembaga [ Kami sama-sama mengikuti lembaga kemahasiswaan yang sama ]. Belum berapa lama kami di ruangan itu, mulailah Rk ditelepon pacarnya. Karena pembicaraan mereka keras, aku jadi tahu apa yang mereka omongin. Setelah selesai, Rk meletakkan BBnya dengan keras diatas meja.

Rk   : Huh, kenapa lagi dia ini. Marah-marah terus.
Aku : Kenapa ?
Rk   : Marah-marah pacarku gara-gara tadi aku nggak ngangkat teleponnya.

Pas nelepon tadi, Rk ngejelasin kenapa dia nggak ngangkat tu panggilan " Ya nggak mungkin lah dosen lagi nyampein materi di depan, kita disini nelpon. Mana duduk di depan lagi,". Pacarnya yang nun jauh disana kayaknya belum terima penjelasan yang sudah sangat jelas itu. Mereka berdua berdebat di telepon, ngeganggu aku yang lagi ngedownload anime di sebelahnya. Setelah beberapa lama, panggilannya terputus, karena jaringan telepon di kampusku memang nggak begitu bagus. Rk nyeletuk " Duh, bakal marah lagi dia nih ntar, dikiranya aku yang mutusin teleponnya,". Nggak nyampe semenit kemudian, pacarnya nelepon lagi dan marah dengan masalah baru : Kenapa teleponnya diputus ? Rk ngejelasin karena sinyal telepon jelek. Dan coba tebak apa jawaban cerdas pacarnya ? " HARUSNYA KAMU NGOMONG DULU KALO PANGGILANNYA MO PUTUS,". Aku yang disebelahnya cuma cengok.

Aku sangat mengerti kalau aku bukan pakar atau ahli dalam dunia percintaan remaja [ ceileehh..]. Namun, kayaknya seorang aku yang seperti ini pun mengerti beberapa hal yang keterlaluan seperti itu.

Kenapa sih masih mempertahankan pacar yang seperti itu ? Udah jelas-jelas dianya [ Rk ] itu udah agak ngerasa nggak nyaman. " Aku udah sayang banget ama dia. Kalo putus, nggak mungkin lagi kayaknya aku bisa sayang sama orang lain kayak gini," Kata dia. Nggak berapa lama kemudian, dia nyambung lagi dengan hal yang kontradiktif, " Padahal aku udah berusaha percaya sama dia, tapi bagaimana caranya kalo dia yang nggak percaya samaku ?,"

Sebal, sontak aku nyeletuk ," Ya udah, putusin aja napa. Bagaimana caranya kalo kamu dicurigain terus kayak gitu. Padahal kamu itu udah jarang bergaul dengan orang-orang, jarang datang ke sekret sini, masih juga dicurigain. Mo dibilang overprotektif, tapi alesannya nggak jelas apa. Bagaimana nanti kalo udah nikah ? Berarti dia itu nggak mau lihat kamu berkembang, bla bla bla....," Sahutku.

Sumpah aku sebel banget. Pacarnya itu kerja jadi kelasi kapal, jadi selalu bepergian. Cowok itu ngelarang Rk sering-sering datang ke sekretariat lembaga, alesannya karena banyak cowoknya.Emangnya di sekret ini tu lokalisasi, ya ? Segitu takutnya ceweknya diembat orang. Karena aku lumayan deket sama si Rk ini, aku tahu kalo dia nggak pernah lepas dari BBnya [ yang juga merupakan pemberian pacarnya ]. Tiap menit diteleponin, kalo pas jam kuliah, tiap detik disms-in, Bahkan Pacarnya tuh nggak ngebolehin Rk ngaktifin fitur BBM di BBnya itu, alesannya takut di BBMin sama cowok-cowok. Tiap nelepon pasti ditanya," Kamu lagi sama siapa, sekarang ?,"

Capek deh. Aku yang ngedengerinnya aja capek.
Padahal aku tahu sekali kalo Rk itu setia banget. banget pake pokoknya.

Rk diem aja, tapi aku tahu pasti kalo semua omonganku nggak dianggepnya. Pas pulang, di depan kosnya aku ngomong lagi, " Bujukin noh si And [ Pacarnya ] supaya kamu bisa ikut sama-sama kami kegiatan penerimaan anggota baru di Paneki nanti,". Rk senyum dan ngebales, " Iya nih. Aku harus hati-hati banget supaya nggak bikin dia marah lagi. Abisnya kalo dia stress tuh kayak gini, marah-marah terus nggak jelas,"
Aku cuma menggeleng-gelengkan kepala trus ngelanjutin perjalanan pulang.

Sumpah. Aku nggak ngerti. Banget.

Belum nikah aja, masih LDR-an, udah jadi tong sampah buat pelampiasan stress gitu. Gimana kalo udah ? Bakalan jadi samsak tinju nanti. 

Aku emang nggak pernah ketemu sama si And, tapi dari cerita dan pembicaraan-pembicaraan telepon Rk 
[ Sorry, aku bukannya gila urusan atau tukang nguping, masalahnya si Rk dan And ini teleponan hampir tiap menit, dan ngomongnya di depan orang-orang ].,aku cukup tahu tipe macam apa si And ini. Yaitu tipe cowok zaman dulu sok berkuasa yang maunya pasangannya tunduk patuh di bawah ketiaknya. Basi banget ya, kan ?

Dan sangatlah bodoh cewek yang memasrahkan kehidupannya pada orang seperti itu. Temenku, si Rk itu, jadi kurang gaul di kampus, karena cowoknya selalu ngontrol dia dengan cara nelepon. Akhirnya Rk jadi susah sendiri, sudah tiga tahun kuliah, dia masih belum kenal semua temen-temen seangkatan yang jumlahnya nggak nyampe 100 orang. Pun dia sering ngeluh nggak punya temen yang mau ngedengerin dia atau dia selalu diremehin di kelasnya [ kami nggak sekelas ], atau dia nggak punya temen yang bisa ngebantu ngerjain tugas. Parah banget, nggak ? Aku juga bukan orang yang suka bersosialisasi di kampus. Tapi setidaknya temen-temen masih nganggep aku ada, masih minta bantuan dan mau membantu soal tugas-tugas, yah, pokoknya normal lah.

Aku nggak bisa banyak bantu Rk karena kelas kami yang beda. Kayaknya cuma aku deh temen dia yang paling deket. Sampe-sampe Rk pernah bilang, " Cuma kamu orang yang mau ngedengerin omongan dan curhatan aku dari awal sampe akhir,". Sering dia dateng nangis & curhat masalah temen-temen sekelasnya yang kayaknya nganggep dia cuma nama aja. Gimana mo orang nganggep dia ada ? Yang dia tunjukkan ke orang lain cuma kebiasaannya nelepon dimana-mana.

Kalo aku lagi ngebantu Rk soal tugas, kayak ngirim lewat email atau cuma meriksa hasil kerjannya aja dan si And tiba-tiba nelpon, udah deh. Rk ngerjain tugasnya tu sambil teleponan, aku jadi males ngebantuinnya, orang yang punya aja nggak niat gitu ngerjainnya. Nggak heran Rk anjlok terus nilainya, dan sampe semester enam ini dia baru memprogram 80 brapa gitu SKS dari normalnya 120 SKS.

Dan apakah pacar tersayangnya itu peduli dengan itu ? Nggak tuh, sama sekali nggak. Yang dia mau tahu pokoknya smsnya harus langsung dibales & panggilannya harus langsung diangkat.

Beneran deh, cowok kayak gini mending dibuang jauh-jauh dari masa muda seorang cewek. Menyia-nyiakan waktu, potensi, dan bakat dalam diri. Cuma bikin nangis, sakit hati, dan galau padahal masih banyak hal yang harus dipikirkan.
Dan kalaupun berhasil sampai jenjang pernikahan, cowok macam ini cuma bakal jadiin kamu sanderanya. Dia akan marah kalau kamu berpendapat, berpikir, atau bertindak sendiri meski dengan tujuan baik. Dia nggak akan suka kalau kamu lebih hebat darinya, kalau kamu menemukan kemampuanmu dan mencoba mengembangkan dirimu untuk lebih. 

Dan seperti itukah yang dinamakan cinta ? I don't think so. It's a bulls***t. Hanya ego & keangkuhan yang disodorkan padamu atas nama cinta. Sungguh sangat brengsek & bajingan seorang laki-laki yang merusak hidup & dunia pasangannya hanya karena ia takut perempuan itu mungkin akan berpaling darinya. Mumpung belum terlambat, pikirkanlah. Selama belum ada pernyataan hitam diatas putih, selalu masih ada jalan kembali....

Source : bieboo.blogspot.com

Source : www.scrapbookflair.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This is virtual world. Tapi, inilah tempat yang justru membuat diri kita bisa sejenak melepaskan topeng-topeng dan jubah kepalsuan di dunia nyata. So, this is the real me, yang tak pernah ku tunjukkan kepada kenyataanku. Mari saling berbagi dan bercerita tentang hidup. Feel free to leave your comment. I am not too creative to reply the comments. So, sometimes i don't reply it. But, Please believe that i definitely read your single comment and really appreciate it.