Senin, Agustus 05, 2013

Why I Do Love Anime

Anime ? What's it ? Kartun ?
No Way..!! 
Anime is anime. Cartoon is cartoon. [ menjelaskan perbedaan yang ga penting ]
Oke. Banyak orang di luar sana yang memperdebatkan apa bedanya anime dan kartun. Alasannya, toh dua-duanya sama-sama animasi. Debatnya seru, loh. Bahkan ampe ejek-ejekan gitu..
Kalau menurut aku sendiri sih, anime dan kartun itu beda. Dari mananya ? Yang jelas pertama, dari negara yang membuatnya. Kalau anime itu pasti dan hanya berasal dari Jepang. Kalau kartun lebih umum, namun biasanya berasal dari Amerika. Kedua, cerita dari kartun biasanya lebih bervariasi mencakup berbagai genre, Sedangkan cerita kartun lebih mudah dipahami dan lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Terus, dari artworknya juga beda banget. Kalau Anime, artwork dan penggambarannya lebih mendetail dan menyerupai bentuk aslinya. Kalau kartun biasanya tidak, tergantung dari imajinasi pembuatnya.

Contoh anime-anime yang terkenal ya kayak One Piece, Bleach, Naruto, Death Note, Sailormoon, dsb.
Kalau kartun itu seperti Spongebob, Kura-kura ninja, Penguin Of Madagascar, Ben-10, Shrek, dll.
Udah kebayang bedanya ? Ini contoh perbedaan dari segi artworknya :

Source : Here

Aku pribadi memang membedakan antara kartun dan anime. Karena keduanya emang beda banget. Tapi, kalau ada temen yang nanya " Lagi nonton apaan ? " yang kira-kira kalau ngejelasinnya bakalan panjang, aku ngejawab : Kartun.. Hahaha..

Back to the tittle. Why i do love anime ? Ini alasannya :
1. Story. 

            Seperti aku bilang di atas, cerita anime itu mencakup berbagai genre. Mulai dari yang ringan banget sampe yang berat banget ada. Mulai dari yang ceritanya ga jelas sampe yang plotnya bener-bener rapi pun ada. Tergantung kita mau suka yang mana. Karena aku cenderung menyukai cerita & konflik yang agak berat [ dan berbobot, tentunya ], maka aku memilih anime. Anime model begitu yang jadi favoritku tuh diantaranya C' The Money Of Soul And Possibility & Guilty Crown.
Kalo lagi males mikir dan lagi pengen nonton yang ringan-ringan, boleh coba Working, atau Natsume Yuujinchou.
Atau mau yang romantis ? Banyak. Ada Kimi Ni Todoke, Kaichou wa Maid-sama, Lovely Complex, dsb.

Pokoknya lengkap lah.

2. Desain Chara

              Udah liat contoh gambar perbedaan antara kartun & anime diatas ? Unyu, kan ? Hehehe.
Kalau anime tahun 90-an, gambar desain tokoh-tokohnya masih belum terlalu bagus [ Ex. Dragon Ball ]. Tapi dengan perkembangan teknologi penggambaran animasi sekarang, hampir semua anime mempunyai desain chara yang sangat bagus. Saking bagusnya, saat menonton sampai jerit-jerit sendiri. Favoritku tuh si Oogami dari anime Code : Breaker, Kuroko dari anime Kuroko No Basuke, Yamato dari anime suki itte inayo, trus Usui dari anime Kaichou wa Maid-Sama.

 Kuroko Tetsuya

Oogami Rei

Kurosawa Yamato

Usui Takumi


Coba, cewek mana yang ga melting ngeliat ke'unyu'an dan ketampanan mereka diatas ? Hahaha. Sebenarnya masih banyak lagi hero yang cakep-cakep. Ah, cuci mata banget deh pokoknya. Untuk cowok, banyak banget juga kok heroine yang cantik-cantik, kalo penasaran cari sendiri ya. LOL.

3. Soundtrack.

                Suer, ga tahu kenapa orang Jepang tuh kalo bikin lagu bagus-bagus banget. Ga kayak Indonesia, lagu-lagu mereka tuh banyak memakai kalimat yang puitis dan berbunga. Kadang sih emang kelihatannya kayak nggak nyambung gitu lirik-liriknya. Biasanya, kalau pas nonton anime ada lagunya yang kusuka, langsung ku search dan ku download trus ku simpen di hp. Sampe-sampe, setengah dari playlistku di hape sekarang soundtracknya anime-anime loh. :D
Ku kasih contoh satu, ya.. Yang nggak terlalu panjang aja. Ini lagu opening 1-nya anime Fruits Basket. Tapi, aku nggak tahu judulnya. Kalau didengerin, apalagi sambil ngeliat video animenya yang ada subtittle lagunya dibawahnya, rasanya nenangin banget deh. 

I was so happy, you were laughing
With a smile that melts everything away 
Spring is still far away inside the cold earth 
Waiting for the time to sprout 
For instance, even if today is painful 
And yesterday's wounds remain 
I want to believe that I can free my heart and go on
I cannot be reborn 
But I can change as I go on, so 
Let's stay together always 
Smile only at me and touch me with those fingers 
This simple desire is everlasting 
I want things to be simple 
Let's finally get across this sea of mournful sorrow
For instance, even if today is painful 
Someday it will become a warm memory 
If you leave everything up to your heart
I understand the meaning our living here 
It is to know the joy of having been born 
Let's stay together always 
For instance, even if today is painful 
Someday it will become a warm memory 
If you leave everything up to your heart 
I understand the meaning our living here 
It is to know the joy of having been born 
Let's stay together always

English ? Iya, silakan ditranslate ke Bahasa Indonesia sendiri, Kalau aku ngerasa lebih 'ngena' kalo lirik Jepang ditranslate ke Inggris, daripada ke bahasa kita. 

Anime Fruits Basket
4. Reality
        
             Oke, mungkin aneh kalau aku membicarakan realitas dunia 2D dalam anime yang 3D. Tapi aku ya ngerasanya gitu, nonton film yang diperanin sama aktor betulan tu ga enak, mereka hanya pintar berakting di layar kaca tok, tapi di kehidupan nyata justru ga karuan. Apalagi yang sampe operasi plastik sana-sini biar kelihatan tambah kece, males ngeliatnya. Aku justru berpikir bahwa anime itu lebih real ketimbang film live action. Aneh, ya ? Tokoh-tokoh dalam anime itu lebih jujur & lebih apa adanya & karena itu 2D, apa yang mereka lakukan dalam anime itulah diri mereka sebenarnya, dengan sisi buruk dan baiknya yang jelas ditampilkan pada pada penonton.

5. Pesan

              Lebih dari 100 judul anime yang udah ku tonton, hampir semuanya punya pesan bagus yang ingin disampaikan lewat filmnya. Banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa dipelajari dari sana. Buat aku, yang paling menginspirasi tuh anime Sakurasou no Pet na Kanojo ( SpK ). Anime ini [ buat aku ] menumbuhkan semangat untuk menemukan impianmu & mengejarnya sekeras mungkin, tak peduli siapa dirimu. Aku mulai nulis novel juga awalnya terinspirasi dari anime ini. Kalau lagi putus asa atau nggak tahu mau ngelakuin apa, nonton ini bener-bener membangkitkan semangat. Ciyuss..!!!

Anime Sakurasou no Pet na Kanojo


Kayaknya lima alasan diatas udah cukup mewakili alasan kenapa aku suka banget sama anime. Coba deh nonton beberapa, pasti suka. Anime itu banyak banget. Ga cuma Naruto & One Piece [ yang paling terkenal sekarang ].

Terakhir, Anime itu bukan tontonan untuk anak-anak. Di Jepang sana, anime selalu ditayangkan tengah malam dan diberi label tontonan dewasa. Jadi, jangan mengambil kesimpulan bahwa anime itu penuh kekerasan & nggak mendidik untuk anak-anak. Ya, karena memang anime dibuat bukan untuk anak-anak..


Aisaka Taiga, Fr Anime ToraDora

# Menunggu azan shubuh, dengan hati yang gundah dan ingin balas dendam....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This is virtual world. Tapi, inilah tempat yang justru membuat diri kita bisa sejenak melepaskan topeng-topeng dan jubah kepalsuan di dunia nyata. So, this is the real me, yang tak pernah ku tunjukkan kepada kenyataanku. Mari saling berbagi dan bercerita tentang hidup. Feel free to leave your comment. I am not too creative to reply the comments. So, sometimes i don't reply it. But, Please believe that i definitely read your single comment and really appreciate it.