Minggu, Juni 22, 2014

My Anime Watching List Spring 2014 And Waiting List For Anime Summer 2014

Ahh..senangnya. Musim baru akan mulai sebentar lagi. Dan bagiku, ini hanya berarti dua hal : Pertama, habisnya anime-anime favorit musim ini, dan yang kedua, semua anime itu akan digantikan lagi oleh anime-anime baru yang tak kalah kerennya di musim depan, Summer 2014. Kebanyakan anime sekarang mempunyai episode yang pendek-pendek, rata-rata 12 episode. Kalau nggak salah, ini buat menghemat anggaran biar nggak terbuang percuma setelah animenya terlanjur digarap. Jadi gini, rumah produksi anime menggarap sebuah anime hanya untuk satu musim saja, atau maksimal dua musim ( 24 episode ). Jika ternyata anime itu banyak penggemarnya, setelah istirahat minimal satu musim, maka dibuat lagi season duanya. Begitu seterusnya. Kan kasihan kalau sudah buat anime +/- 50 episode dan ternyata kurang digemari. Wah, rugi bandar tuh. Biaya pembuatan anime kan sama sekali nggak murah. Untuk satu episode aja, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp. 900.000.000 #NelenLudah.

Source : Pinterest

Aku juga baca di suatu website bahwa Pemerintah Jepang sekarang menaruh perhatian khusus pada anime sebagai salah satu media yang dapat mempromosikan kebudayaan Jepang ke seluruh dunia. Makanya, Pemerintah Jepang membuat program subsidi bagi studio-studio produksi anime. Di berita yang ku baca itu, Pemerintah Jepang menanggung 60% biaya pembuatan anime. Tujuannya untuk menggalakkan produksi anime baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Kali ini, aku mau sharing tentang anime-anime yang masuk dalam watching listku musim ini. Check this out :

Mekaku City Actors

Inti ceritanya tentang sembilan orang anak dan remaja yang mempunyai kekuatan luar biasa. Ciri khusus mereka adalah mata yang merah seperti mata ular. Seluruh anime ini berkisah tentang perjalanan dan usaha mereka menguak misteri tentang kekuatan-kekuatan tersebut. Seperti darimana asalnya, bagaimana mereka bisa memperolehnya, dan lain-lain. Tidak ada tokoh yang ditonjolkan secara khusus dari kesembilan orang itu. Semuanya mempunyai porsi dan peran cerita yang sama. Setiap episode dikisahkan bergantian dari sudut pandang masing-masing tokohnya.

Alur ceritanya sungguh tak terduga. Selain kesembilan orang itu, ada lagi beberapa tokoh penting yang muncul belakangan dan mereka nantinya akan berperan penting dalam kelanjutan ceritanya.

9 Tokoh Utama Mekaku City Actors

Yang paling ku suka dari anime ini adalah lagu-lagunya.

Sebenarnya pembuatan anime ini adalah salah satu dari proyek besar yang diberi nama Kagerou Project. Jadi, kisah anime ini dibuat dalam beberapa versi yang saling mendukung dan melengkapi plot satu sama lain. Ada versi manga, light novel, lagu, dan....anime. Dikatakan, kalau ingin lebih memahami seluruh cerita Mekaku City Actors, kita harus melihat/mendengar juga dari media lainnya. Itulah yang disebuat Kagerou Projects.

Mungkin karena itulah, aku yang cuma menonton animenya memang berasa kurang puas. Ada beberapa perkembangan cerita yang masih ku rasa kurang masuk akal. Alurnya terlalu cepat. Terlalu banyak tokoh menjadikan penampilan karakter-karakternya kurang maksimal.

Dan untuk artnya, aku cuma punya satu komentar : Pegel-Pegel Senam Leher. :D. Khas studio anime ini sih, entah kenapa anime-anime yang mereka buat selalu saja penuh dengan adegan senam leher.
Kayak gini nih :
Salah Satu Adegan Senam Leher. Masih Banyak Lagi Yang Kayak Gini

Ryuugajou Nanana no Maizoukin

Ini adalah anime pertama musim ini yang ku download. Pastinya tertarik karena artnya yang luar biasa.

Tokoh utama, Yama Juugo, baru pindah ke pulau Nanae, pulau khusus pelajar untuk melanjutkan studi SMAnya. Dia ngekos di sebuah tempat yang ternyata ada kuntilanak cantiknya. Dan kuntilanak itu tinggal di kamarnya.

Nama mbak kunti itu Nanana [ ampun, susah banget ngucapinnya ]. Kunti penggemar puding dan video game ini menceritakan bahwa sepuluh tahun lalu, dia mati terbunuh di kamar ini. Makanya, dia hanya bisa tinggal di kamar itu saja dan nggak bisa keluar kemanapun.

Lalu, setelah beberapa kejadian, Yama Juugo memutuskan untuk mencari koleksi Nanana guna menemukan pembunuh Nanana. Koleksi Nanana adalah harta kepunyaan Nanana yang tersebar di seluruh Pulau Nanae. Bentuknya macam-macam, dan masing-masing memiliki kekuatan dahsyat. Karena kekuatannya, banyak yang mengincarnya. Namun, harta ini sulit ditemukan. Selain karena letaknya yang tersembunyi, untuk mendapatkannya juga harus melalui jebakan-jebakan mematikan yang dibuat untuk melindungi benda itu.

Lalu, Yama masuk ke klub Petualang bersama detektif SMA yang moe, Tenshai, dan asisten Trapnya, Daruku [ Oh, sial ].

Mbak Kunti Cantik, Yama Juugo, Detektif Kawai, Dan Asisten Trap

Maka, keseluruhan cerita anime ini berkisah tentang usaha mereka dalam bersaing untuk memperebutkan dan menemukan koleksi Nanana. Dilengkapi intrik, pertarungan, aksi, dan kompleksitas cerita yang memadai.

Anime ini tamat di episode 11. Tapi, ceritanya belum tamat karena belum diketahui siapa pembunuh Nanana. Dan ada tokoh baru yang juga akan menjadi saingan klub petualang. Maka, sudah dipastikan akan ada season duanya.

No Game No Life.

Dua Hikkikomori bersaudara, Sora [ 18 tahun ] dan Shiro [ 11 tahun ]. Mereka berdua adalah NEET, tidak pernah sekolah, hidup sehari-hari hanya dihabiskan untuk bermain game. Dalam dunia game, mereka berdua adalah legenda bernama Kuhaku. Kuhaku telah menaklukkan sejumlah besar game bahkan mengalahkan pemain-pemain yang melakukan kecurangan game.

Suatu ketika, setelah selesai memenangkan sebuah pertarungan game lagi, datanglah sebuah email pada mereka yang berbunyi " Apakah kalian dua bersaudara pernah merasa terlahir di dunia yang salah ?"

Mereka menjawab email itu dan ditantang bermain catur. Disinilah aku mulai sangat terpaku pada anime ini. Sora dan Shiro itu sangat ngat ngat cerdas. Para jenius yang salah tempat di dunia ini. Shiro sudah memenangkan program catur yang didesain untuk mengalahkan para Grandmaster selama dua puluh kali berturut-turut. Dia sempat kesulitan memenangkan pemainan catur ini. Namun, dengan dibantu oleh Sora, akhirnya mereka menang.
Sora & Shiro, Pasangan Incest Jenius

Ternyata yang menantang mereka itu adalah seorang dewa permainan berwujud anak kecil bernama Tet. Sora dan Shiro ditarik masuk ke sebuah dunia buatan Tet. Di dunia itu, hukum tertinggi adalah permainan yang diatur dalam Sepuluh Sumpah. Segala sesuatu diatur dan diputuskan dengan permainan.

Di dunia Tet tersebut dihuni oleh 16 ras berbeda, dintaranya elf, flugel [ semacam malaikat ], werebeast, dan manusia yang disebut sebagai ras Imanity. Dari 16 ras, hanya manusia yang tidak dapat merasakan atau menggunakan kekuatan sihir. Karena itulah, mereka ditempatkan dalam urutan terendah dalam sistem kasta ras.

Begitu tiba, mereka langsung dihadapkan dengan pertarungan untuk memperoleh jabatan raja Imanity. Setelah mengalahkan pemain terkuat yang ternyata berbuat curang, mereka berdua dinobatkan menjadi raja Imanity.

Setelah menjadi raja, masalah-masalah baru pun muncul. Wilayah Imanity ternyata sangat kecil dan hanya tersisa satu kota saja. Imanity terancam musnah oleh ras-ras lain. Maka, benang cerita utama dari anime ini adalah perjuangan Sora dan Shiro untuk mendapatkan kembali kehormatan dan kekuasaan Imanity.

Awalnya, aku sama sekali tidak tertarik menonton anime ini. Menurutku, artnya berantakan. Pun tidak ada kisah romantis yang terdengar memikat hati. Karena komentar-komentar positif dan antusiasme para otaku mengenai anime ini di medsos, akhirnya aku mendownloadnya pada saat anime ini sudah berjalan lima episode.

Dan, ternyata aku sudah terpaku sejak menonton episode awalnya. Lupakan artnya. Jalan ceritanya sungguh jenius. Ku pikir, game yang menjadi pokok ceritanya adalah game komputer saja. Ternyata, semua jenis game ada. Bahkan permainan batu-gunting-kertas pun dibahas dari sisi perhitungan matematis dan ilmiahnya.
Tak berlebihan rasanya kalau aku menganggap anime ini adalah anime terbaik musim ini. Saat postingan ini ditulis, anime No Game No  Life sudah tayang 11 episode. Berarti tinggal satu episode lagi. Dan melihat reaksi para penggemar serta perjuangan Kuhaku yang masih panjang, sudah dipastikan anime ini bakalan ada season duanya.

Mahouka Koukou no Rettousei ( The Irregular At Magic High School )

Kisah cinta incest, sang kakak Shiba Tatsuya dan adiknya Miyuki Tatsuya yang diterima di sekolah sihir SMA 1.

Di dalam SMA ini, terdapat sistem kasta sihir yang tak tertulis. Kasta tertinggi disebut Bloom, yaitu siswa-siswa yang mendapatkan nilai tinggi dalam ujian masuk berupa praktek sihir. Yang terendah adalah Weed, yang diposisikan sebagai cadangan untuk mengisi bangku kosong. Para Weed mempunyai keterampilan sihir yang sangat rendah, bahkan ada yang tidak punya. Selama bertahun-tahun para Weed menerima penindasan oleh Bloom dan menerima perlakuan yang berbeda dari sekolah.

Singkat cerita, Miyuki diterima sebagai salah satu Bloom, sedangkan Shiba harus pasrah ditempatkan sebagai Weed karena nilai ujiannya praktiknya yang rendah.

Meski hanya sebagai Weed, belakangan diketahui ternyata Shiba sangat baik dalam teknik sihir.

Jadi, sihir dalam anime ini bukan sekedar sim salabim abrakadabra. Untuk menggunakan sihir yang terdapat dalam tubuhnya, seseorang harus mengeluarkannya dengan bantuan alat yang disebut CAD. Nah, Shiba ini sangat handal dalam hal mereset atau mengkalibrasi CAD, yang mana kemampuan itu sangat jarang dimiliki oleh para siswa.

Yang Ini Incest Picisan, Seragam Sekolahnya Unyu Abis

Dan, meski kekuatan sihir Shiba rendah, namun ia mempunyai teknik bertarung yang baik sehingga dapat mengalahkan siswa-siswa Bloom yang bahkan punya kekuatan sihir lebih besar darinya. Hal ini membuat Ketua Osis SMA 1 tertarik untuk merekrutnya sebagai salah satu naggota OSIS bersama Miyuki.

Episode-episode awal, berkisah tentang usaha Shiba dan Miyuki untuk melawan pemberontak Weed yang tidak puas dengan perlakuan yang mereka terima dari pihak sekolah maupun para Bloom. Ternyata, pemberontakan ini didalangi oleh sebuah organisasi anti sihir internasional.

Alur ceritanya sangat lambat, dan jujur saja, aku sudah hampir kehilangan minat menontonnya. Musim lalu, aku sempat baca Screen Shoot komiknya dan berpikir bahwa anime ini akan lebih menyoroti soal perkembangan hubungan antara Shiba-Miyuki. Tapi ternyata, kisah mereka hanyalah pemanisnya saja. Benang utama ceritanya adalah tentang sihir dan teknik-tekniknya.

Banyak penjelasan panjang dengan istilah-istilah rumit dalam anime ini. Yang bikin aku suka hanya desain model seragam sekolahnya yang girlie banget, kayak dress pesta. :D. Belum tahu apakah aku akan menyimpan anime ini secara permanen dalam anime listku. Bahkan aku belum tahu apakah akan menontonnya sampai selesai.


Gokukoku no Bryndhilr

Sebenarnya aku lumayan suka anime ini, lebih seru dua kali lipat lah daripada MHK. Tapi, aku nggak kuat sama Gore-nya, juga ketragisannya. Jadi, aku berhenti download di episode 8, filenya juga ku hapus dari flashku. Aku mau nunggu sampai animenya tamat dulu, baru nonton maraton sampai habis. Aku kan gitu, nggak kuat nonton yang sedih-sedih, ntar jadi kebawa mimpi. :D

Makanya, maaf kalau aku nggak nyebut nama tokohnya disini, soalnya lupa, plus lagi males googling.

Intinya tentang para penyihir. Tapi penyihirnya bukan yang pake sapu terbang dan bawa tongkat itu. Penyihir disini adalah cewek-cewek pembunuh yang mendapatkan kekuatannya dari laboratorium. Ada yang punya kekuatan melihat masa depan, menghancurkan apapun, memutar waktu, menembus jaringan internet, memotong, dll. Sayangnya, eksperimen laboratorium itu juga dilakukan dengan kejam dan membahayakan tubuh mereka.

Setiap penyihir punya hernes di tengkuknya. Jika dicabut, para penyihir akan meleleh dan mati. Yang lebih mengerikan di dalam hernes itu tinggal sesosok makhluk menjijikkan semacam alien berwarna hijau.

Tokoh utama anime ini cowok, punya masa lalu yang belum selesai. Saat kecil, ia pernah berteman dengan seorang cewek bernma Kuroneko [ cuma ini nama yang ku ingat ]. Koneko sangat percaya dan terobsesi pada alien. Kuroneko sering menunjukkan bintang pada tokoh utama. Suatu hari, ketika Kuroneko mengajak tokoh utama untuk melihat keberadaan alien secara langsung, terjadi kecelakaan dan Kuroneko meninggal.

Di masa kini, ada cewek pindahan baru di kelas bernama Kuroha Neko. Tokoh utama terkejut karena wajahnya mirip dengan wajah teman kecilnya, Kuroneko. Karena perasaan bersalah yang dipendamnya sejak kematian Kuroneko, tokoh utama jadi penasaran cewek anak baru ini.

Bla bla bla dan bla bla bla akhirnya ketahuan bahwa Kuroha Neko ini adalah seorang penyihir yang sedang melarikan diri bersama sahabatnya Maria, penyihir yang lumpuh akibat eksperimen laboratorium.

Para penyihir ini, setiap jam harus minum obat khusus bernama Obat Penunda Kematian. Jika setelah lima jam tidak minum, kulit mereka akan mulai mengelupas dan mengeluarkan darah di sekujur tubuh. Tiga jam berikutnya tubuh akan mulai meleleh dan mereka akan mati dengan sangat menyakitkan.

Perjuangan mereka bertiga yang pertama adalah mendapatkan pasokan obat itu dari pabrik obatnya langsung. Banyak darah, tusukan , dan tubuh-tubuh yang hancur. Iiih, nggak kuat aku.

Mungkin minggu depan anime ini tamat, saat itu baru aku akan mendownloadnya.

The Comic Artist And His Assitants

Sesuai judulnya, menceritakan keseharian seorang seniman manga, Aito, dan dua tiga orang asisten serta seorang editornya yang keempat-empatnya cewek cantik. Aito ini pengarang manga echi dan terobsesi pada celana dalam. Keempat cewek diatas sering jadi korban tingkahnya.

Jangan salah, anime ini nggak porno kok. Masih wajar banget lah untuk ukuran anime masa kini. :D

Para Asisten Cantik "Objek" Si Mangaka

Dengan durasi tayang sekitar 15 menit per episode, untunglah, cukup mengcover aspek komedi yang ingin ditonjolkan dalam anime ini. Aku sendiri berhenti menontonnya di episode lima, kurang suka sama alur ceritanya yang kayak gini. Kadang-kadang, ini yang kurang ku sukai dari anime bergenre gabungan antara Echi, Comedy, Harem. Seringnya humornya menjadi terlalu murahan dan sama sekali tidak memperhatikan ceritanya.

Pendapatku, cukuplah dengan satu komentar dari ibuku tentang anime ini saat selesai menonton tiga episode awalnya " Picisan ".

Soredemo Sekaii Wa Utsukushii ( Still World Is Beautiful )

Satu-satunya anime bergenre Shoujo musim ini.

Mengisahkan tentang sebuah kerajaan yang berhasil menguasai hampir seluruh dunia bernama kerajaan matahari. Sesuai namanya, di kerajaan ini langit selalu cerah dan matahari selalu terik sepanjang waktu. Tidak pernah hujan sama sekali. Suatu hari rajanya mengirim surat pada Kerajaan kecil yang hampir tidak dipandang dua kali bernama kerajaan hujan. Ia meminta salah satu dari empat putri mahkota kerajaan itu untuk menjadi permaisurinya. Setelah melalui undian yang konyol, diputuskan bahwa yang akan menikah dengan raja matahari adalah sang putri bungsu, Nike.

Dalam perjalanannya menemui raja matahari di istananya, ia sempat dirampok. Setelah melalui beberapa kejadian tidak mengenakkan lain, akhirnya ia dapat bertatatapan dengan sang raja matahari yang termasyhur namanya itu, Raja Livius II.

Betapa terkejutnya Nike Karena Raja Livius ternyata hanyalah seorang anak kecil yang sombongnya ampun. Ucapan pertamanya pada Nike adalah : " Datangkanlah hujan, aku sudah bosan dengan matahari,". Tentu saja Nike marah dan akhirnya dia dipenjara. Berkat kekuatannya, ia dapat meloloskan diri.

Pada akhirnya, Livi dan Nike memang saling jatuh cinta. Tapi, untuk bersatu mereka menemui banyak sekali hambatan. Mulai dari sifat Livi yang egois, pencemburu, dan keras kepala. Belum lagi soal perbedaan usia dan tinggi badan mereka. Masalah asal usul Nike yang dianggap kurang pantas untuk menjadi ratu sebuah kerajaan besar seperti kerajaan matahari, orang-orang yang tertarik pada Livi maupun Nike, dan di episode-episode terakhir, Keluarga Nike di kerajaan hujan yang berusaha memutuskan pertunangan Livi dan Nike karena takut Livi akan memanfaatkan kekuatan memanggil hujan milik Nike untuk hal-hal yang salah.

Yang ini pasangan Pedofil, Raja Matahari & Putri Hujan

Secara keseluruhan, aku sangat suka anime ini. Terutama, aku paling suka karakternya Livi. Dia ini tipe anak yang harus menjadi dewasa sebelum waktunya. Menjadi anak selir dari raja sebelumnya. Sheila, ibunya, satu-satunya orang yang dikasihinya dan menjadi pusat hidupnya, dibunuh saat ia masih kecil. Di usia muda, ia harus naik takhta. Banyak kontroversi dan pemberontakan atas naik takhtanya, juga kesedihan karena ibunya yang meninggal, menjadikannya anak yang keras, jahat, licik, dan sangat egois. Di tangannya, wilayah Kerajaan Matahari meluas sampai mencakup setengah bagian bumi. Tapi ternyata, seiring perkembangan cerita, terlihat bahwa di balik semua sifat buruknya, ia adalah seorang laki-laki yang lembut, perhatian, rela berkorban demi orang yang disayanginya, dan kuat. Bener-bener tipe lelaki idamanku. #Ngooookk..

Sesuai tradisi, untuk memanggil hujan, seseorang dari kerajaan hujan harus menyanyikan sebuah lagu. Dan lagu ciptaan Nike yang menjadi lagu sisipan anime ini, sangat menyentuh di hati.

Ada beberapa episode yang sempat membuatku begitu tersentuh hingga meneteskan air mata. Artworknya benar-benar indah. Yang menjadi kekurangan anime ini menurutku adalah, alur penyelesaian konfliknya yang kurang maksimal. Jadi, umpamanya konflik yang dibangun udah oke banget, mencekam banget, eh.. ternyata penyelesaiannya juga gampang banget. Sampe mikir " Ha, udah gitu aja ?,". Namanya aja genre shoujo kali ya, jadi yang difokuskan adalah kisah cinta para tokoh utamanya. Satu lagi yang sangat mengganjal hatiku, Kenapa juga si Livi ini harus diceritakan sebagai seorang anak kecil ? Menghancurkan imajinasi banget deh. Kayak pedofil, dong. Perkiraanku, Si Livi ini seumur anak SMP dan Nike seumuran anak SMA. Aduh, cuma itu aja sih yang kurang sreg. :D

Selain tujuh di atas, sempat juga nambah dua anime lagi yang genrenya sama-sama romance, yaitu :

Isshukan Friends

Tentang seorang cewek tertutup yang punya penyakit amnesia nggak jelas. Setiap hari senin, ingatan cewek ini akan terhapus. Sehingga, ia memilih tidak berteman dengan seorang pun lagi.

Bokura Wa Minna Kawaisou

Tentang kehidupan sehari-hari di sebuah kos-kosan yang berisi penghuni yang aneh-aneh. Tokoh utamanya cowok, naksir teman sekelasnya yang kutu buku. Cowok itu kaget banget pas tahu bahwa apartemen yang ditinggalinya adalah milik orang tua cewek gebetannya itu. Selain mereka berdua, ada lagi laki-laki paruh baya yang mesum, cewek masokis yang pemabuk, dll.

***
Dua anime yang ku sebut terakhir cuma ku tonton dua episode. Entah kenapa rasanya kurang semangat nontonnya. Padahal genrenya itu kesukaanku lho. Apalagi yang Isshukan Friends juga ada dramanya. Rencananya nanti hari sudah tamat dua-duanya baru mau aku download dan nonton sekaligus.

Jadi, dari sekitar kurang lebih 30 judul anime baru yang tayang musim ini, aku hanya mengikuti 9 anime di atas. Itupun, satu sudah ku drop dari watching list dan satu lagi berada di zona degradasi :D. Beberapa musim terakhir ini, memang setiap musim rata-rata aku hanya mengikuti sekitar 6-8 judul anime. Musim ini banyak anime action dengan menampilkan tokoh-tokoh cewek yang moe. Moe memang masih dianggap menjadi daya tarik utama sebuah anime. Terutama karena kebanyakan otaku anime adalah laki-laki. Sayangnya, aku kurang suka genre action. Jadi, nanti kapan-kapan lah kalau akau ada ilham nonton anime-anime action musim ini dan musim-musim sebelumnya.

Dari tujuh judul yang aku ikuti di atas, Aku menobatkan Anime No Game No Life dan anime Soredemo Sekaii Wa Utsukushii sebagai anime terfavoritku musim ini. Selamat ya…Mudah-mudahan ke depan makin banyak anime-anime keren macam begitu.

Selain anime musiman di atas, ku juga menonton sekitar 4-5 anime musim kemarin-kemarin. Ada juga tiga movie yang entah dari musim kapan. Musim duren kali, ya ? Hehehe.

Tapi, untuk musim Summer 2014 yang akan dimulai sekitar dua minggu lagi, aku mungkin akan mengikuti lebih dari sepuluh judul anime. Karena anime musim depan kebanyakan adalah season lanjutan dari anime-anime favoritku sebelum ini. Selain itu, ada satu anime genre YAOI. Hahaha. Udah lama nggak nonton genre itu. Yaoi memang punya daya tarik sendiri untuk cewek-cewek. Kalau cowok punya Echi, kalo cewek punya yaoi. :D

Ini judul-judul anime yang rencananya akan ku nontum musim depan :
  1. Ao Haru Ride [ Comedy, Drama, Romance, School, Shoujo ]
  2. DRAMAtical Murder [ Action, Sci-fi, Psychological ]
  3. Free ! Eternal Summer [ Sports, Comedy, School, Slice Of Life ]
  4. Gekkan Shoujo Nozaki-kun [ Comedy, Romance, School, Shounen ]
  5. Glasslip [ Slice Of Life ]
  6. Kuroshitsuji : Book Of Circus [ Comedy, Demons, Fantasy, Shounen, Supernatural ]
  7. Love Stage !! [ Comedy, Yaoi, Gender-Bender. Shounen-Ai ]
  8. Persona 4 The Golden Animation
  9. Psycho-Pass New Edit Version [ Action, Sci-Fi, Police ]
  10. Rokujouma no Shinryakusa ?! [ Comedy, Romance, School, Supernatural ]
  11. Sword Art Online II [ Action, Adventure, Fantasy, Game ]
  12. Tokyo ESP [ Action, Fantasy, Supernatural, Seinen ]

Penasaran dengan sinopsis cerita 12 anime di atas ? Sudah banyak kok di internet. Salah satunya disini. Atau kita nonton aja sama-sama selama beberapa bulan ke depan. Nyoookkk....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This is virtual world. Tapi, inilah tempat yang justru membuat diri kita bisa sejenak melepaskan topeng-topeng dan jubah kepalsuan di dunia nyata. So, this is the real me, yang tak pernah ku tunjukkan kepada kenyataanku. Mari saling berbagi dan bercerita tentang hidup. Feel free to leave your comment. I am not too creative to reply the comments. So, sometimes i don't reply it. But, Please believe that i definitely read your single comment and really appreciate it.