Rabu, November 28, 2012

My Childhood 1 : Asterix Obelix, Perpustakaan, dan Kenangan2Q


Ada yang tahu komik Asterix & Obelix ? Itu komik jadul banget yang ceritanya tentang petualangan-petualangan dua orang sahabat dari desa Galia, Asterix & Obelix. Aku ga begitu tahu tu komik asalnya dari mana, yang jelas dari aku bisa membaca tu komik udah eksis.




Sebagai penduduk angkatan tahun 91 dari kota kecil, masa kanak-kanakku tidak menawarkan banyak pilihan hiburan. Secara waktu itu masih jadul banget kan. Apalagi di kota kecil kayak tempatku ini. Ga ada tivi, apalagi computer yang jadi pegangan anak-anak sekarang. Hiburan paling banter waktu itu adalah radio. ( Radio ??? Wakakakaka ).
Untungnya, biar kota kecil gini masih punya satu perpustakaan daerah yang ( waktu itu ) lumayan lengkap. Untungnya juga, aku punya ibu yang suka banget baca. Jadi, dari usia TK ibuku udah sering banget ngajak ke perpustakaan. Kalo ga salah inget, buku yang pertama kali ku kenal waktu itu buku dongeng la fontaine ( gitu kali ya ? ). Pas SD kelas 5 & 6, ke perpustakaan sudah jadi kebiasaan kita tiap hari jum’at & sabtu. Biasanya, ibuku nganterin aku ke perpustakaan trus ditinggal ke kantor, ntar kalo kerjaan udah selesai disusul. Waktu itu, perpustakaan selalu ramai apalagi kalo hari sabtu. Secara, di tahun2 itu sumber ilmu & informasi utama adanya ya di perpustakaan. Tiap kali kesana, pasti ada buku baru lagi. Masih inget banget deh perasaan senang yang kurasain tiap kali ke sana. Serasa masuk di tempat ajaib gitu. Banyak buku2 berwarna. Hahahaha.
Karena sering ke sana, akhirnya aku jadi apal banget sama tuh perpus. Rasanya bangga banget deh kalo ketemu temenku di sana trus aku bilang : Eh tau ga, di rak bagian sana ada buku itu loh…Hehehe.
Dari buku dongeng la fontaine, meningkat jadi komik. Komik yang ada di perpus waktu itu Asterix & Obelix, Petualangan Tintin, trus Lucky Luke. Ketagihan banget deh bacanya. Karena tiap 2 minggu sekali minjem, begitu naik SMP aku udah baca hampir semua komik Asterix dan Obelix, Tintin, dan Lucky Luke. Tapi yang paling ku suka tuh Aterix & Obelix karena waktu itu, di sana koleksinya banyak banget.  Jadi, pantes dong kalo aku bilang kalo mereka tu temen masa kecilku. ( Parah banget )
Sayangnya, pas SMP udah mulai jarang ke perpus karena udah punya tivi & ibu juga semakin sibuk. Apalagi begitu aku ngelanjutin SMA ke jawa. Pulang lagi buat lanjut kuliah. Sempet sih pas masih semester2 awal dulu beberapa kali ke sana lagi. Tapi, suasananya udah beda jauh. Udah ga rame lagi. Padahal waktu kesana tuh hari sabtu. Udah gitu suasananya jadi kelabu banget. Bukunya jadul2. Pegawai2nya ga ramah, tukang ngegosip pula. Berisik banget. Udah gitu bagian anak2 & bagian dewasa sekarang dipisah. Jadi, ga nemuin lagi tu komik2 karena ditaroh di bagian anak2. Ga mungkin gitu loh badan udah segede gini masuk ke tempat bacaan anak-anak yang warna-warni. Hahahaha.
Baru beberapa minggu ini, aku lagi hobi download buku & komik dari internet. Akhirnya keinget lagi deh tentang temen2 kecilku itu. Pas ku search, ternyata ada beberapa. Tapi sayangnya, agak susah di download. Jadi sampe hari ini, aku baru bisa dapet 4 file komik Asterix & Obelix. Satu diantaranya berbahasa inggris. Ciaaahhh…
Tapi, pas dibaca ternyata muncul lagi rasa senengnya. Ngerasa kayak anak kecil lagi deh. Hahaha. Asterix yang  pendek. Obelix yang ndut tapi ga ngerasa dirinya gendut ( Sama kayak aku ), prajurit2 romawi, kepala desanya yang sering dijatuhin ama orang yang ngangkat tandunya. 


Trus ada lagi penyanyinya, Assurance tourix yang cempreng :


Bener deh, pas pertama baca kemarin aku ketawa ngakak ga berenti2. Apalagi pas prajurit2 romawinya pada kabur ga berani nyerang Galia, kayak gini :


Atau pas penduduk Galia ngerebutin prajuri2 Romawi untuk dihajar :


  
Atau Prajurit2 Romawi yang teler dihajar :


Atau Obelix yang hobinya & maen lempar tangkap menhir & berburu babi hutan :

Trus yang paling bikin aku ketawa tuh kalo di bagian akhirnya ada Assurance Tourix yang diiket & disumbat mulutnya supaya ga nyanyi :



Hahahaha. Beneran ngangenin deh.
Sumpah, untung di masa kecilku aku nemu kayak gini. Bukan kayak anak sekarang yang kenalnya ama computer & tivi. Rugi banget kayaknya.

4 komentar:

  1. MBak, tulisane tiap paragrap kasih spasi yo, capek bacanya...
    salam blogger energy

    @rizalarable
    owner Blog Sing Biasane

    BalasHapus

  2. Njih mas...
    Makasih atas masukanNya..
    Ternyata hal kecil kayak gitu tuh penting ya....8)

    BalasHapus
  3. di blogku ada komik asterix... rupanya kita sama-sama penggemar komik ya ^_^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,,wah ternyata ad penggemar asterix juga,,

      Hapus

This is virtual world. Tapi, inilah tempat yang justru membuat diri kita bisa sejenak melepaskan topeng-topeng dan jubah kepalsuan di dunia nyata. So, this is the real me, yang tak pernah ku tunjukkan kepada kenyataanku. Mari saling berbagi dan bercerita tentang hidup. Feel free to leave your comment. I am not too creative to reply the comments. So, sometimes i don't reply it. But, Please believe that i definitely read your single comment and really appreciate it.