Senin, November 26, 2012

Assalamualaikum...
Duh,,pingin nangis nih ( ada apa sih non, dateng2 kok pingin nangis?) 
Sebel..Sebenernya tadi udah sepenuh hati bikin postingan yang puuuuaaannjaannggg banget, berjam2 pula nulisnya. Eeh karna lupa dihububungin ke internet malah muncul kotak yg ga bisa ditutup, terpaksa jendela untuk nulis entri baru diclose, padahal tuh postingan blum disimpen. Mana banyak tulisan arabNy lagi. Susah banget ngaturnya,,
Innalillahi wa inna ilaihi roji'un..

Yah,mo gimana lagi sodara2? Mau tidak mau aku harus bikin lagi.
Berhubung ini pertama kalinya ngeblog lagi, semangat aja deh..:) Tapi sambil nangis juga.T_T

Malam ini tuh ada musyawaroh PPG. Perlu diketahui kalo musyawaroh ini tuh diadakan cuma 2 bulan sekali pas bulan ganjil. Makanya kalo pas waktunya, aku semangat karena disitu banyak masukan2 dan tambahan2   untuk ngajar ngaji anak2. Tapi malam ini, kebetulan 2 partnerku yang lain ga bisa datang karena sibuk dengan anaknya masing2. Maklum pada udah beranak semua. Aku sebagai yang masih single dan masih ting-ting ( Ayu ting-ting ???? ) terpaksa memaklumi keadaan.

Tapi malam ini juga suasananya ga terlalu ramai kayak biasanya. Sepi banget,kayak kuburan ( masjid kok disamakan sama kuburan? ). Di mesjid?? Iya, tempat musyawarohnya memang selalu di mesjid.

Ada dua hal penting yang ku catat malam ini yang merupakan masukan dari koordinat KBM PPG. Sebenernya banyak sih, tapi karena aku agak ngelamun ( 8O ) maka yang masuk cuma ini :

(1) Jangan sampai anak2 dibebani dengan hafalan yang bertumpuk2. Tidak perlu memaksakan target misalnya dalam sehari harus hafal berapa do'a/surat. Yang penting tuh ingetnya, bukan hafalnya. Kan ada sih tipe hafalan SKS, dalam sekejap memang hafal, sekali dua kali ditanya memang masih nyambung, tapi liat aja seminggu dua minggu, udah lenyap deh tuh hapalan yg susah payah dimasuk-masukin ke otak. begitu juga anak2. Cukuplah misalnya dalam sebulan cuma mempersungguh menghapalkan 1 do'a/surat. Yang penting betul2 hafalnya.
( Sebagai penggemar sistem SKS, aku sangat setuju dengan usul diatas. Belajar, apalagi menghafal, memang bagusnya bukan semalam dua malam, sekejap dua kejap. Namun, yang penting adalah kontinuitasnya. Dulu, aku menargetkan murid2q, misalnya dalam minggu ini harus hafal surat ini, ini, dan ini, minggu depan harus hafal surat itu, itu, dan itu. Memang sih mereka bisa pas ditest. Tapi, pas 3 hari kemudian q test ulang, malah terbata2 kayak ga pernah ngapalin.
Kalau muridq yang sekarang, karena masih banyak yang kelas 1 SD yang baca Indonesianya aja masih terbata2, maka aku ga memaksakan. Cukuplah sebulan hafal satu do'a. Kemarin baru aja selesai ngapalin do'a tasyahud, yang proses menghafalnya memakan waktu +/- 3 minggu. Target selanjutnya adalah menghafalkan asmaul husna. sudah dimulai dari minggu kemarin dari 1-30. InsyaAlloh sudah 85% hafal semua. Tinggal dilancarin dikit. Besok mau Q test lagi ahh...)

(2) Begitu pula dengan tajwid. Tak perlu memaksakan anak untuk dalam sekali pertemuan misalnya langsung menguasai berbagai macam tajwid. Cukup seminggu dapat menguasai 1 tajwid. Misalnya, minggu ini mempelajari idgom bigunnah, minggu depan idgom bilagunnah, minggu depannya lagi ikhfa hakiki, dst dst.
( Karena kelas pengajian yang q pegang tuh kelas 1, jadinya belum dapet materi pegon. Tapi pada dasarnya sih setuju aja. Bayangin deh kalo jadi anak2 itu. Memahami satu tajwid saja udah mumet, ini malah disuruh nyari yang aneh2, jadi males ngaji deh..( Maap ya Alloooohh...))





Abis itu jam 9 dilanjutin ma pengkajian hidayatul mustafidz. Itu loh, kitab yang memuat seluk-beluk ilmu tajwid. Malam ini yang dikaji adalah tentang cara membaca ta'awudz, basmallah, dan surat..
Ngomong2, postingan yang dibawah ini sudah dalam bentuk rangkuman dari tafsir. Aslinya kan pake bahasa arab gitu laoh. Cape' mo ngetiknya. Coz aku kan belum terlalu hafal sama huruf2 arab yang diketik dari keyboard abjad. Mana susah ngatur teksnya.

Let's check this..!!
Q : Ada berapa cara yang dapat digunakan oleh seorang pembaca Al-Qur'an dalam membaca ta'awudz, basmallah, dan surat?
A : Ada empat, yaitu :
(1) Memutus semua, contoh :

                                 قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ ( Putus )بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ( Putus ) اَ عُوْذُ بِاللٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

(2) Menyambung basmallah dengan surat saja, Contoh :

                                               بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ ( Putus )اَ عُوْذُ بِاللٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ 

(3) Menyambung ta'awudz & basmallah saja, Contoh :

                                               قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ ( Putus ) اَ عُوْذُ بِاللٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ  

(4) Menyambung keseluruhan, contoh :

                                                            اَ عُوْذُ بِاللٰهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ

Ps : Surat yang dijadikan contoh disini adalah surat Al-Ikhlas ayat pertama


Q : Ada berapa macam cara membaca basmallah diantara dua surat?
A : Ada empat cara, yang tiga cara boleh digunakan, dan yang satu tidak boleh, yaitu :

Yang boleh digunakan :
(1) Memutus semua, contoh :

                                    قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ ( Putus )   بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ  ( Putus ) وَ مِنْ شَرِّ حاَسِدٍ اِذَا حَسَدْ 

(2) Menyambung basmallah dengan permulaan surat, contoh :

                                                   بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ   قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ ( Putus ) وَ مِنْ شَرِّ حاَسِدٍ اِذَا حَسَدْ 

(3) Menyambung keseluruhan, contoh :

                                                                 وَ مِنْ شَرِّ حاَسِدٍ اِذَا حَسَدْ  بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ  قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ

Dan adapun satu cara yang tidak diperbolehkan, yaitu :
(4) Membaca Akhir surat pertama disambung dengan basmallah lalu diwaqofkan, kemudian langsung membaca awal surat kedua, contoh :

                                                  قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ  ( Putus )  وَ مِنْ شَرِّ حاَسِدٍ اِذَا حَسَدْ  بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ   

Apabila ingin membaca dengan menyambung akhir surat pertama dengan basmallah, maka solusinya adalah membaca basmallah kembali kalo mau membaca surat kedua, contoh :

                      بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ قُلْ هُوَاللّٰهُ اَحَدُ  ( Putus )  وَ مِنْ شَرِّ حاَسِدٍ اِذَا حَسَدْ   بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Ps : Surat2 yang dijadikan contoh adalah surat Al-falaq ayat terakhir & surat Al-Ikhlas ayat pertama.

Apakah ada orang yang membaca sepanjang itu?? Yah ada sajalah. Siapa tau tu orang napasnya panjang banget.
Aku sendiri?? Hehehe..
Kalo aku sih pake cara lama, ya yang nomor satu itu, dengan cara dipisah semua.
Kalo diantara teman-teman ada yang ingin memvariasikan bacaan ta'awudz & basmallahnya saat membaca Al-Qur'an, boleh pilih salah satu cara diatas. Ga dosa kok, karena ga ngelanggar aturan agama apapun.

Cukup sekian postinganku kali ini. Mudah-mudahan membawa manfaat bagi yang membaca. Karena ini kepulanganku kembali ke blogger setelah sekian lama ( Ciaaaahhhhh....Gubbraakkk>< ) maka harap maklum kalo masih terasa kaku dan kurang luwes bahasanya. InsyaAlloh tidak lama lagi aku bakal memposting cerita2 dari kehidupanku lagi. Mudah-mudahan kali ini gag males2 nulis lagi..Amiiinnn.....313x.

Wassalam..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This is virtual world. Tapi, inilah tempat yang justru membuat diri kita bisa sejenak melepaskan topeng-topeng dan jubah kepalsuan di dunia nyata. So, this is the real me, yang tak pernah ku tunjukkan kepada kenyataanku. Mari saling berbagi dan bercerita tentang hidup. Feel free to leave your comment. I am not too creative to reply the comments. So, sometimes i don't reply it. But, Please believe that i definitely read your single comment and really appreciate it.